Masuk

Ingat Saya

Lebih Selektif dalam Membagikan Berita di Media Sosial

Media sosial, dengan jutaan penggunanya, berperan penting dalam menyebarluaskan berita dan mengobarkannya. Maka dari itu, sebagai pengguna media sosial yang baik, sudah seharusnya kita lebih selektif dalam memilih berita-berita untuk dishare atau dibagikan. Agar berita yang kemudian “berkobar” tidak meresahkan berbagai pihak.

Sekarang ini banyak sekali pihak-pihak yang memanfaatkan media sosial untuk menjaring like bagi halaman mereka. Untuk mencapai hal ini, mereka mengunggah beberapa gambar yang menyentuh hati lalu menuliskan tagline seperti “like, share dan tulis aamiin untuk mendoakan”. Post tersebut kemudian akan dibagikan oleh jutaan netizen dan kemudian menjadi viral. Padahal, gambar tersebut bisa saja editan, atau gambar tersebut benar, tetapi ceritanya dilebih-lebihkan oleh pihak yang berkepentingan. Perlu diingat bahwa menyukai gambar dan menulis aamiin di kolom komentar berbeda dengan berdoa.

Atau ada juga pihak yang ingin mengusik perdamaian dan membuat postingan, halaman, atau grup-grup kontroversial yang menyerang kelompok-kelompok tertentu. Di laman itu mereka biasanya aktif menyebarkan kebencian atau menjaring orang lain dalam debat kusir tak berujung.

Sebagai netizen yang baik, jika menemukan laman-laman, grup, atau post penuh kebencian seperti itu, yang harus dilaporkan adalah melaporkan laman tersebut. Berkomentar tentu saja diperbolehkan, selama baik dan masih menjunjung tinggi kesantunan.

 

Dengan